Anda bisa mengakses analitik Pinterest dengan masuk ke akun Pinterest Anda. Setelah itu, klik pada logo tiga titik pada bagian kiri bawah dan klik “Analitik”. Di sini, Anda bisa melihat performa semua papan Anda dan pins-pins yang terkait.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melihat data analitik Pinterest. Pertama, analisa papan mana yang paling banyak diklik dan disimpan agar bisa membuat lebih banyak papan dengan topik yang sama. Kedua, pelajari pengaruh waktu posting bagi performa pins Anda. Dari sini, Anda bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan pin.
Terakhir, perhatikan jenis konten yang paling banyak diminati oleh pengguna Pinterest dan coba untuk menghasilkan jenis konten yang sama, atau mengaitkan konten Anda dengan konten populer tersebut.
Daftar Isi Artikel
Mengikuti Perkembangan Terbaru di Pinterest
Untuk menjadi sukses di Pinterest, Anda perlu selalu memperbarui diri terhadap fitur terbaru dan tren yang sedang berkembang. Selalu perhatikan perubahan algoritma Pinterest dan adaptasikan strategi Anda sesuai dengan perubahan tersebut.
Beberapa fitur baru yang perlu Anda ketahui adalah:
- Pinterest stories: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi konten visual yang menarik selama 24 jam sebelum hilang. Ini dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperluas jangkauan konten Anda.
- Video: Pinterest semakin memprioritaskan konten video, sangat penting untuk mempertimbangkan penggunaan video dalam strategi pemasaran Pinterest Anda.
- Pencarian suara: Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mencari pin dengan menggunakan suara.
Sedangkan, beberapa tren terbaru di Pinterest yang perlu Anda ikuti termasuk: