Daftar Isi Artikel
Apa itu iklan PPC?
Iklan PPC atau Pay-Per-Click adalah model iklan di mana pengiklan membayar untuk setiap klik yang dilakukan pengguna pada iklan mereka. Biaya per klik ditentukan oleh persaingan kata kunci, kualitas iklan, dan relevansi halaman arahan.
Dalam iklan PPC, pengiklan membuat iklan yang ditargetkan untuk kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan mereka. Iklan akan muncul di atas atau di bawah hasil pencarian organik ketika pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencari.
Ketika pengguna mengklik iklan, mereka akan diarahkan ke halaman arahan yang relevan dengan iklan. Pengiklan kemudian membayar biaya per klik, yang bervariasi tergantung pada kompetisi kata kunci dan kualitas kampanye iklan.
Perbedaan Strategi SEO dan SEM
SEO dan SEM adalah dua pendekatan yang berbeda dalam strategi pemasaran online. Membuat keputusan tentang mana yang harus digunakan tergantung pada tujuan bisnis Anda, jangkauan target, dan anggaran yang tersedia.
*Perlu diingat, meskipun SEO dan SEM adalah pendekatan yang berbeda, keduanya secara langsung terkait dan dapat berdampak pada keberhasilan kampanye pemasaran Anda.
Perbedaan | SEO | SEM |
---|---|---|
Fokus | Meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian organik. | Membayar untuk iklan di mesin pencari guna mendapatkan tampilan yang lebih tinggi. |
Waktu | Membutuhkan waktu untuk melihat hasil jangka panjang. | Dapat memberikan hasil yang cepat. |
Biaya | Biaya optimasi website dan produksi konten. | Biaya dalam melakukan kampanye iklan. |
*Catatan: Meskipun SEO membutuhkan waktu untuk melihat hasil, ketika Anda mencapai peringkat yang baik dalam hasil pencarian, trafik organik dapat meningkat secara signifikan.